Visi Misi

 Visi Dan Misi

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan

A.    Visi

Pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan pada hakikatnya adalah pembangunan yang berintikan petani sebagai subyek. Oleh karena itu pembangunan tanaman pangan dan hortikultura harus tetap mengutamakan aspek manusia sebagai fokus pembinaan. Guna mendorong semangat pembinaan sumber daya manusia tanaman pangan dan hortikultura perlu dibekali dengan visi pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan di Kabupaten  Bungo yaitu Meningkatkan  Produksi dan Nilai Tambah Menuju Petani Sejahtera”.

Dengan visi ini diharapkan tidak saja bertujuan kemandirian dan kedaulatan pangan tetapi juga mampu mensejahterakan petani sebagai pelaku utama usaha pertanian, visi ini sekaligus memberikan isyarat bahwa cara pandang pembangunan tanaman pangan dan hortikultura  tidak saja pada aspek produksi tetapi aspek distribusi dan konsumsi. Selain itu pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan lebih memfasilitasi usaha pertanian rakyat dengan memanfaatkan potensi lokal. 

B.     Misi

 Dalam rangka menciptakan visi yang telah dirumuskan di atas, maka disusun misi pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan lima tahun ke depan sebagai berikut :

1.       Mewujudkan sumberdaya manusia sub sektor tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan yang profesional dan memiliki integritas moral yang tinggi;

2.         Membangun sub sektor tanaman pangan, Hortikultura dan Perkebunan melalui pengendalian Sarana dan Prasarana guna memenuhi kebutuhan pangan lokal  yang tangguh, guna mencukupi kebutuhan pangan lokal berbasis pedesaan yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan;

3.         Mewujudkan kawasan/sentra sub sektor hortikultura melalui pengembangan tanaman sayuran dan buah-buahan;

4.      Mewujudkan pengelolaan sumber daya perkebunan secara optimal, yang berwawasan lingkungan  dan berorientasi pasar.

Disamping itu untuk mencapai visi dan melaksanakan misi diatas, guna lebih mengakomodasi semua aparatur tanaman pangan dan hortikultura telah dihimpun lima nilai dari nilai-nilai pribadi aparatur, dan diharapkan lima nilai dibawah ini dapat lebih menyatu pada diri aparatur yaitu :

1.         Keimanan.

2.         Kejujuran

3.         Disiplin