Post view

Refugia, Sistem Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman dengan Bunga

Oleh : Wenty Agustin, SP

Mengenal Sistem Refugia, Sistem Baru Dalam Penanganan Hama Dengan Memanfaatkan Tanaman Hias (Bunga) Di Lahan Pertanian. Mungkin istilah tanaman refugia dalam pertanian masih sangat asing di telinga petani Indonesia. Namun belakangan ini Refugia mulai digenjarkan di Indonesia, termasuk di daerah kami. Kini petani di Desa Teluk Pandak Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo mulai menanam tanaman refugia di lahan pertanian, selain dapat  menanggulangi hama ternyata refugia juga mampu mempercantik lahan pertanian kita.

Pengenalan sistem Refugia didapatkan petani melalui kegiatan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu. Refugia merupakan suatu area yang ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan yang dapat menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami seperti predator dan parasitoid. Teknik Refugia lebih tergolong ekonomis dan juga tentu lebih ramah lingkungan dan kesehatan, karena dengan menggunakan teknik ini kita tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang justru merugikan kesehatan. Petani harus menanam tanaman bunga untuk menarik serangga pemangsa hama. Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya II Desa Teluk Pandak Hanapi mengatakan, sejak penerapan refugia, petani jadi lebih sadar bahaya pestisida.

Refugia bisa merupakan tanaman bunga-bunga yang ada di galangan atau pinggir sawah. Tanaman hias itulah yang akan menarik serangga, lalu menjadi tempat hidup dan berlindung musuh alami hama tanaman padi (wereng dan penggerek batang).

Dengan adanya tanaman hias di pinggir sawah, musuh alami tersebut lebih sehat dan daya hidupnya lebih lama. Saat menyerang OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) pun lebih gesit dibanding tidak ada refugia, karena musuh alami hanya mengkonsumsi pakan dari pinggir sawah. Musuh alami tersebut menjadi sahabat petani dalam menyerang hama penyakit.

Bagaimana memilih tanaman untuk refugia? Banyak alternatifnya, tetapi lebih baik adalah tanaman yang berbunga. Refugia tanaman berbunga tidak semuanya dapat digunakan sebagai usaha konservasi musuh alami, terkadang mendatangkan serangga hama yang tidak kita kehendaki.

Tanaman yang berpotensi besar sebagai refugia adalah tanaman bunga matahari, tanaman kenikir dan tanaman bunga kertas (zinnia). Ketiga tanaman ini mempunyai bunga yang mencolok dan dan mempunyai warna yang diminati musuh alami.  Tanaman kacang panjang juga ternyata sangat cocok digunakan untuk usaha konservasi musuh alami. Tanaman kacang panjang ini bisa diambil manfaat secara langsung (kacang dan lembayung) dan secara tidak langsung (sebagai refugia).

Kelebihan bunga kertas, selalu mekar dan bunganya beraneka warna sehingga banyak dikunjungi serangga dari berbagai jenis kupu-kupu, semut, kumbang, laba-laba dan lebah. Kelebihan lain tanaman ini mudah ditanam (cepat tumbuh), bibit mudah diperoleh, regenerasi tanaman tergolong cepat dan kontinyu.

                                                        Arachis P

Hanya yang kita perlukan adalah mencari benih bunga untuk melakukan penanaman tersebut, untuk proses penanaman bisa di lakukan pada saat penanaman padi awal sehingga tinggi tanaman dan umur tanaman dengan padi dan bunga tersebut bisa berimbang dan pada saat padi mulai tumbuh dewasa bunga-bunga dari tanaman Refugia mulai mekar dan itulah yang dibutuhkan untuk menarik semua jenis --jenis serangga yang bisa mematikan hama yang menggangu tanaman padi tersebut.

Pemanfaatan tanaman refugia sebagai microhabitat serangga hama dan musuh --musuh alami dapat diterapkan di lahan persawahan maupun lahan sayuran untuk mengendalikan hama secara almiah. Penanaman refugia akan mengurangi biaya usaha tani untuk pengendalian hama sehingga keuntungan petani dapat meningkat dan lingkungan terjaga secara berimbang. Selain menjaga keseimbangan lingkungan juga dapat menyejukkan mata manakala lahan pertanian yang subur dengan dikelilingi tanaman bunga yang mekar. 

Bilamana dalam luasan yang cukup tanaman refugia ini tumbuh bersanding dengan tanaman dilahan pertanian akan membuat suasana agrowisata dan keadaan seperti ini akan membuat petani betah di lahan hatipun senang.

 

 

 

 

 

admin 29.11.2018 0 73
Comments
Order by: 
Per page:
 
  • There are no comments yet
Post info
29.11.2018 (200 days ago)
Rate
0 votes
Actions
Recommend
Categories
Books (2 posts)
Food Blogs (4 posts)
Health (3 posts)
Holidays (1 posts)
Lifestyle (1 posts)
Politics (88 posts)
Tech News (5 posts)
Videos (1 posts)