Post view

PENANAMAN DEMPLOT UPTD-TPHBUN KECAMATAN RANTAU PANDAN BERSAMA KADIS TPHBUN KABUPATEN BUNGO

Oleh : Tobrani, SP

          Kepala UPTD-TPHBun Kecamatan Rantau Pandan bersama Penyuluh Pertanian serta para petani melakukan turun tanam demontrasi plot (demplot) yang bertempat dilokasi lahan kelompok tani Lubuk Langkap, Dusun Lubuk Kayu Aro kecamatan Rantau Pandan. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana dan Kepala Seksi Penyuluhan serta Camat Rantau Pandan yang didampingi Kapala seksi Perekonomian.

          Dalam menyampaikan laporan, Muhammad, SP selaku kepala UPTD-TPHBun Kecamatan Rantau Pandan mengatakan demontrasi plot (demplot) merupakan media penyuluhan yang paling efektif yang diterapkan dilapangan. Yang mana demplot itu adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

          Disamping itu kepala UPTD- TPHBun juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produksi padi hendaklah menggunakan benih unggul. Untuk demplot ini kita menggunakan benih unggul varietas Inpara 3 dengan menerapkan teknologi sistim tanam jarwo super 2:1, untuk objek yang diamati yaitu tentang dosis pemupukan urea, SP-36 dan KCL. Harapannya selama pelaksanaan sampai panen demplot ini, nantinya diketahui berapa dosis pupuk yang tepat dalam kecamatan Rantau Pandan untuk meningkatkan produksi padi.

          Selanjutnya Muhammad Hasbi, SP., M. Si selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan dalam sambutannya berharap demplot ini bisa memberikan informasi teknologi dan memotivasi kepada petani disekitar pelaksanaan demplot tentang cara untuk meningkatkan produksi padi melalui teknologi tanam sistim jarwo dengan diimbangi pemupukan sesuai dengan spesifik lokasi.

          Pada kesempatan itu juga, kepala dinas juga memberikan kesempatan waktu kepada semua para petani yang hadir untuk diskusi dan tanya jawab tentang semua kendala dan masalah yang dihadapi dilapangan dalam berusaha tani khususnya dalam bersawah. Kesempatan ini lansung mendapat tanggapan antusias dari petani. Ada beberapa kendala yang disampaikan oleh petani, diantaranya saluran buang yang tidak berfungsi secara maksimal sehingga jika curah hujan terlalu tinggi air meluap masuk kesawah. Disamping itu serangan hama keong emas menjadi keluhan para petani.Berdasarkan kendala dan masalah yang disampaikan petani, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo mengatakan untuk  masalah saluran buang irigasi bisa melakukan peminjaman alat berat brigade di dinas untuk pengerukan dan pelebaran saluran. Serta untuk masalah hama dan penyakit, kita punya petugas disamping penyuluh pertanian ada juga pengamat hama dan penyakit disetiap kecamatan.

 

admin 04.12.2018 0 29
Comments
Order by: 
Per page:
 
  • There are no comments yet
Rate
0 votes
Actions
Recommend
Categories
Books (2 posts)
Food Blogs (4 posts)
Health (3 posts)
Holidays (1 posts)
Lifestyle (1 posts)
Politics (63 posts)
Tech News (5 posts)
Videos (1 posts)